RSS

Internal Technology and External Technology

06 Jul

Pada era globalisasi saat ini pengggunaan teknologi dalam berbagai kegiatan manusia telah menjadi kebutuhan yang vital. Teknologi membantu mempermudah pekerjaan manusia dalam hal apapun. Teknologi mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu menjadi lebih canggih.Teknologi dalam bidang informasi telah membantu manusia dalam upaya pemenuhan penyebaran berita demi mendapatkan informasi yang akurat dan cepat dalam skala global. Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat.

Penggunaan teknologi tidak terkecuali adalah pelaku bisnis, yakni perusahaan-perusahaan. Perusahaan-perusahaan  sudah dapat bertukar informasi satu sama lain dan menggunakan teknologi dalam setiap kegiatannya. Melalui teknologi informasi, perusahaan dapat mencari konsumen di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet. Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan melalui transaksi elektronik yang sedang marak pada era ini.

Dalam perusahaan dikenal adanya teknologi internal dan teknologi eksternal. Adapun definisinya adalah:

I.            Teknologi Internal

 

Teknologi internal adalah komponen pendukung dalam operasional perusahaan yang berperan sebagai penyedia informasi yang dibutuhkan manajemen perusahaan dalam melakukan aktivitas bisnis sehari-hari. Contohnya Hardware, Software, Aplikasi dan infrastruktur. Teknologi informasi yang digunakan dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan adalah :

  • Struktur organisasi SI/TI dan sumber daya  struktur organisasi dan sumberdaya yang dimiliki, dalam hal ini SDM.
  • Portofolio aplikasi sekarang .  Aplikasi yang telah dimiliki perusahaan dimasukkan kedalam portofolio yang berguna  untuk mengetahui kondisi SI/TI pada perusahaan sekarang ini.
  • Analisa proses bisnis Pemetaan proses bisnis kedalam suatu model yang menggambarkan arus informasi  yang terjadi dalam kegiatan bisnis perusahaan.
  • Infrastruktur SI/TI (Hardware, Software, Network, termasuk diantaranya aplikasi keuangan, dsb)\

II.            Teknologi Eksternal

 

Teknologi eksternal adalah komponen teknologi di luar  dari perusahaan/organisasi tersebut yang berperan sebagai penyedia informasi yang dibutuhkan manajemen dalam melakukan aktivitas bisnis. Teknologi eksternal memiliki faktor seperti ilmu pengetahuan, dan teknologi yang berkembang dalam lingkungan eksternal organisasi. Teknologi eksternal mengidentifikasi perkembangan teknologi informasi terkini dan trend kedepan yang menunjang perusahaan tersebut.  Analisa lingkungan teknologi  eksternal dilakukan untuk memperoleh  gambaran tentang perkembangan aplikasi teknologi informasi perusahaan  dan implementasinya. Dari gambaran tersebut akan ditentukan berbagai tren teknologi informasi yang berpeluang untuk dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dari organisasi atau perusahaan tersebut. Trend teknologi ini menjadi dasar pengembangan infrastruktur teknologi informasi ke depan. Selain itu juga menganalisa teknologi yang sedang dipakai oleh pelanggan, pemasok, dan pesaing serta peluang penggunaan teknologi untuk keunggulan di masa mendatang.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 6, 2012 in Artikel

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: