RSS

Electronic Payment : PayPal

06 Jul

Pengertian PayPal

 

PayPal adalah cara yang lebih aman dan lebih mudah untuk membayar dan dibayar secara online. Layanan ini memungkinkan setiap orang untuk membayar dengan cara sesuai kehendak kita, termasuk melalui kartu kredit, rekening bank, kredit pembeli atau saldo rekening, tanpa memberitahukan informasi keuangan kita.

Apabila diibaratkan, rekening PayPal itu mirip dengan rekening bank online, tapi rekening bank online terbatas hanya berlaku di satu negara. Contoh simple’nya, kita tidak bisa membeli barang/jasa di situs luar negeri seperti eBay.com, godaddy.com, amazon.com dan lain-lain. Dan juga apabila kamu pengguna BlackBerry ataupun iPhone/iPad, kamu tidak bisa membeli aplikasi dan game pada App Wolrd ataupun App Store dengan rekening Bank, namun jika kamu memiliki akun PayPal maka kamu bisa membeli aplikasi tersebut.

Pada intinya jika kamu suka berbelanja online, PayPal akan memudahkan kamu dalam hal pembayaran, karena saat ini sudah ada jutaan pedagang/toko online di seluruh dunia yang menerima pembayaran online dengan PayPal. Apalagi jika kamu pedagang/toko online, sudah wajib hukumnya membuat akun PayPal untuk mempermudah orang dari negara lain melakukan pembayaran.

 

Langkah Membuat PayPal

 

Sebelum mulai mendaftar, siapkan data-data anda untuk membuat account PayPal seperti Email, Nama, Alamat, Telp (Pastikan Nama, Alamat, Telp yang akan anda isi untuk pendaftaran sama dengan data asli)

  1. Ke situs www.paypal.com

(Untuk keamanan pastikan selalu alamat situs yang tertulis di address bar browser adalah alamat website resmi PayPal http://www.paypal.com/ atau https://www.paypal.com/ )

  1. Klik SignUp untuk mendaftar
  2. Selanjutnya ada pilihan negara, karena anda di Indonesia pilih Indonesia. Lalu pilih tipe account yang anda inginkan, untuk pendaftar baru di Indonesia disarankan memilih yang personal account dahulu, anda dapat Upgrade kemudian ke tipe Premier account atau Business account dengan mudah dan gratis sesuai kebutuhan. Apa perbedaan personal, premier, business? baca disini.
  3. Selanjutnya masukan informasi anda seperti Email, Nama, Alamat, Telp (Pastikan Nama, Alamat, Telp yang anda isi sudah benar)
  4. Email yang anda masukan akan menjadi username PayPal anda untuk login atau bertransaksi menggunakan PayPal kemudian
  5. Contoh penulisan nomor Telepon yang benar : 02177755555 atau 021-77755555 atau 62-21-77755555
    Contoh penulisan nomor Mobile phone yang benar : 085731558101
  6. Isi Password anda dengan kombinasi huruf dan angka, minimal 8 karakter
  7. Dibagian selanjutnya diinstruksikan untuk memasukan Nomor kartu kredit anda yang akan digunakan untuk memasukan dana ke account PayPal anda, hilangkan tanda Checklist pada bagian “Link my credit card so I can start shopping right away (recommended)”, anda dapat memasukan data VCC anda kemudian setelah login di halaman My Account
  8. Periksa lagi dan pastikan Nama, Alamat, Telp yang anda isi sudah benar.
  9. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa anda telah mendaftar dan untuk mengaktifkan account PayPal, buka email dari PayPal tersebut dan klik link konfirmasi yang terdapat didalamnya, untuk konfirmasi bahwa anda adalah pemilik email tersebut
  10. Setelah itu anda akan dibawa kembali ke situs PayPal lagi dan masukan password anda lagi, lalu ikuti langkah selanjutnya, setelah itu anda akan masuk ke halaman My Account
  11. Selajutnya untuk verify PayPal, ikuti langkah-langkah ini: VERIFY PAYPAL DENGAN VCC, selamat anda sudah menjadi member Paypal verified

Catatan :

Sekarang anda sudah mempunyai account PayPal Unverified account untuk melakukan pembayaran atau mengirim uang ke account PayPal lain dengan limit $100 USD, serta dapat menerima uang dari account PayPal lain dengan limit terbatas. Untuk menghilangkan limit Account paypal anda harus menjadi Verified member (Kebenaran alamat anda sudah di cek oleh PayPal) dengan cara mengikuti Langkah No.6 diatas

Dengan Unverified PayPal anda belum bisa withdraw ke rekening bank anda. Untuk bisa withdraw menarik uang dari balance paypal, anda sudah harus menjadi Verified account.

 

Manfaat PaypaL

 

a)       Faster than a check

Online payments with PayPal’s Mass Payment are instant. Never again do you have to say “the check is in the mail.”

b)       Flexibility for recipients

Recipients of your payments can electronically transfer their money to a checking account, send money to friends, or shop online.

c)       Simple record-keeping

Minimize your accounting paperwork with a downloadable transaction history. Reconcile exceptions easily by automatically returning unclaimed funds.

d)       Competitive pricing

A low fee of of the payment amount with a cap of (or its equivalent in the payment currency) is assessed on each payment made with Mass Payment.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 6, 2012 in Artikel

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: